Blog Detail

Menggunakan Jam Tangan Dengan Tepat

02 Apr 19
radatime
No Comments

Jam tangan hadir dalam berbagai gaya dan ukuran, dan dapat dipakai sebagai aksesori fungsional atau perhiasan gaya oleh pria dan wanita. Meskipun dapat diterima untuk mengenakan arloji di hampir setiap kesempatan dan pengaturan, ada beberapa pedoman dasar tentang cara memilih arloji yang tepat. Pedoman ini fokus pada bagaimana jenis jam tangan apa yang paling tepat untuk berbagai situasi dan pengaturan, bagaimana mencocokkan jam tangan dengan pakaian, dan bagaimana cara memakai jam tangan dengan benar.

A. Mengenakan Jam Tangan Dengan Benar

1.Jangan memakai jam tangan dengan ukuran yang terlalu besar. Jam Tangan diukur dalam milimeter. Jam tangan pria rata-rata antara 34mm-50mm, meskipun mereka bisa lebih besar. Anda tidak boleh mengenakan jam tangan yang lebih besar dari 50mm, paling banyak, tetapi 34mm-40mm adalah standar dan ideal untuk pria dan wanita.

2.Tentukan pergelangan tangan mana yang ingin Anda pakai jam tangan. Tidak ada sisi yang paling  “benar”. Pilih pergelangan tangan yang paling nyaman dan di mana jam tangan Anda tidak akan menghalangi gerakan Anda. Ini biasanya tangan yang tidak dominan, karena mungkin tidak nyaman untuk menulis dengan arloji di bawah pergelangan tangan Anda.

 
3. Kenakan jam tangan Anda di samping tulang pergelangan tangan Anda. Pastikan posisinya tepat di sebelah tulang di luar pergelangan tangan. Saat mengenakan kemeja lengan panjang, jam tangan Anda hanya akan terlihat sepenuhnya saat lengan Anda ditekuk. Jangan pernah memakai jam tangan Anda di atas manset baju Anda.

4. Kenakan tali jam yang pas. Jam tangan harus terlihat nyaman, alami, dan tentu saja tidak ceroboh. Mungkin perlu menyesuaikannya sesuai kebutuhan, untuk mengakomodasi fluktuasi alami dalam ukuran pergelangan tangan.

  • Beberapa jam tangan, seperti jam tangan formal dan jam tangan olahraga, memiliki sistem cabang dan takik yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah memindahkan cabang  ke atas atau ke bawah takik untuk mengencangkan atau mengendur.
  • Jam tangan kasual atau formal dapat memiliki sistem pengikat yang lebih rumit.
  • Seorang pria seharusnya tidak memakai jam tangannya yang longgar di pergelangan tangannya. Seharusnya berada sekitar satu inci ke atas dan ke bawah pergelangan tangan Anda saat Anda bergerak. Jam tangan tidak boleh terpeleset ke samping pergelangan tangan Anda. Sebagai aturan umum, Anda harus bisa meletakkan jari dengan pas di antara pergelangan tangan dan gelang jam.
  • Jam tangan tidak harus dikenakan terlalu erat. Jika arloji meninggalkan bekas di pergelangan tangan Anda, itu terlalu ketat dan harus dilonggarkan.
  • Jam tangan wanita bisa dikenakan dengan pas, atau longgar di pergelangan tangan seperti gelang.

B. Memilih jam tangan yang Tepat sesuai dengan acara yang di hadiri


1.      Sesuaikan jam tangan Anda dengan sepatu Anda. Sebagai aturan umum, Anda mengenakan sepatu, jam tangan yang sesuai. Jika Anda mengenakan sepatu kets, maka arloji olahraga akan sesuai. Jika Anda berada di suatu tempat di antara keduanya, seperti sepatu boots, sepatu loafers, atau sandal jepit, jam tangan kasual sehari-hari adalah taruhan terbaik Anda.

 
2.      Pilih jam tangan harian yang bisa dipakai dengan pakaian kasual. Jam tangan sehari-hari Anda harus netral dan tahan lama, karena dimaksudkan untuk dipakai di seluruh kegiatan sehari-hari Anda, termasuk bekerja, fungsi sosial santai, dan tugas. Stainless steel adalah pilihan yang populer karena ini membuat jam tangan netral dan kokoh, tetapi pilihannya mencakup jam tangan dasar yang terbuat dari semua jenis bahan yang berbeda, termasuk plastik dan karet.

3.      Kenakan jam tangan formal untuk acara yang membutuhkan pakaian formal. Ini termasuk pernikahan, pembaptisan, pemakaman, makan malam formal, pertunjukan opera dan teater, dan acara formal lainnya. Jam tangan formal menambahkan sentuhan akhir pada pakaian yang dipoles dengan baik. Jam tangan formal biasanya terbuat dari logam mulia (perak, emas, atau platinum), dan bisa jadi sangat mahal, tergantung pada merek dan bahannya.

  • Banyak orang lebih suka jam tangan formal yang terbuat dari material logam yang sama dengan perhiasan atau aksesori lainnya. Misalnya, seorang wanita yang mengenakan kalung platinum mungkin lebih suka memakai jam tangan platinum, perak, atau emas putih, sedangkan pria yang mengenakan kancing emas biasanya lebih suka memakai jam tangan emas.
  • Jam tangan formal bisa sangat mahal, dan dipandang sebagai simbol status di kalangan pria. Jika arloji formal yang mahal tidak ada dalam anggaran Anda, pertimbangkan untuk melepaskan jam tangan resmi sama sekali; sebuah arloji murah dapat membawa persepsi negatif, sementara tidak ada konsekuensi untuk tidak memakai arloji selama kesempatan ini.
  • Menggunakan jam tangan sporty. Anda bisa memakainya sebagai jam tangan sehari-hari, atau sebagai alat fungsional untuk berlari atau berolahraga. Jam tangan sporty dapat dibuat dengan karet, plastik, atau bahkan pita kain yang dimaksudkan agar tahan lama, tahan keringat, dan sering kali tahan air. Perhatikan instruksi yang menyertai tangan itu mereka akan memberi tahu seberapa jauh jam tangan Anda dapat berjalan dengan aman.
  • Kenakan jam tangan formal untuk bisnis atau bisnis kasual. Ini akan sesuai dengan sesuatu yang sedikit lebih condong pada saat memakai pakaian formal daripada celana khaki dan polo, seperti kemeja dan jaket.

Leave A Comment

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com