Blog Detail

Tips Merawat Jam Tangan Agar Tetap Awet

29 Sep 16
radatime
No Comments

merawat jam tangan

Jam tangan pertama kali diperkenalkan pada abad ke-16. Pada saat itu semua jam tangan dan alat penunjuk waktu lainnya menggunakan mesin penggerak mekanik manual (hand-winding). Jam tangan tertua yang diketahui adalah jam tangan milik Ratu Inggris Elizabeth I yang dibuat oleh Robert Dudley pada tahun 1571. Dari abad 16 hingga awal abad 20, jam tangan hanya digunakan oleh wanita, sedangkan pria menggunakan jam saku.

Namun saat ini, jam tangan memang salah satu barang yang wajib kita miliki, karena selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, tidak dipungkiri jam tangan memang menjadi salah satu aksesoris untuk melengkapi fashion baik pria maupun wanita. Ditambah semakin banyaknya pilihan model jam tangan yang beraneka ragam sehingga bisa disesuaikan dengan fashion kita mulai dari kasual atau formal. Sama halnya dengan aksesoris yang lain, jam tangan juga penting untuk dirawat agar tetap awet dan tahan lama.  Maka itu penggunaan jam tangan memang tidak boleh sembarangan. Sayang banget kan RaDa Timers, kalau kita sudah beli jam tangan dengan harga yang tidak murah tapi rusak begitu saja. Berikut ini RADATIME akan memberikan tips merawat jam tangan agar lebih awet dan tahan lama.

  1. Simpan jam tangan di tempat kering

Cara termudah yang bisa kita lakukan untuk merawat jam tangan agar tetap awet yaitu menyimpannya di tempat yang kering dengan suhu normal dalam kamar. Bila anda meletakkan ditempat yang memiliki suhu ruangan tertentu (ruangan ber-AC, ruangan yang terkena cahaya langsung), maka suhu tersebut otomatis akan mempengaruhi jam tangan milikmu. Simpanlah jam tangan kamu dalam wadah, atau kotak khusus jam tangan. Sebaiknya kamu menyimpan jam tanganmu di dalam kotak khusus jam tangan agar lebih aman dan terjaga. Kotak jam tangan bisa kamu dapatkan di RADATIME, mulai dari harga Rp 140.000-an saja.

Sumber foto: www.radatime.co.id

Sumber foto: www.radatime.co.id

  1. Bersihkan Jam Tangan dengan Tisu Basah

Bersihkan jam tangan kamu dengan tissue basah, tapi bukan tissue yang terlalu basah apalagi dibasahi dengan air ya. karena bila kamu hanya menggunakan tissue biasa, itu akan membuat goresan di kaca jam tangan kamu. Tissue basah yang baik dan tidak membuat goresan adalah tissue basah yang digunakan untuk membersihkan kulit bayi. Biarkan kering tanpa menggukan tissue kering atau pun dryer (pengering), karena angin panas yang keluar akan mempengaruhi komponen dalam jam tanganmu.

  1. Bersihkan tali jam tangan

Jangan lupa juga untuk bersihkan tali jam tangan kamu juga, selain untuk menjaga kualitasnya, dengan rajin membersihkan tali jam tangan akan membuat kamu terhindar dari iritasi kulit yang disebabkan oleh bakteri – bakteri yang menempel pada tanganmu. Tapi, tali jam tangan harus dibersihkan sesuai dengan material yang digunakan.

            a. Karet atau plastik

Untuk jam tangan yang menggunakan tali berbahan karet cara membersihkannya sangat mudah, kamu hanya perlu bersihkan menggunakan sabun kemudian sikat dengan menggunakan sikat kecil untuk menghilangkan sisa – sisa keringat yang menempel sehingga lebih bersih, tidak menimbulkan jamur dan bau tidak sedap. Kemudian segera keringkan.

Sumber foto: ducas.co.id

Sumber foto: ducas.co.id

            b. Kain atau kanvas

Tali jam tangan berbahan kain atau kanvas bisa kamu bersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan sabun, setelah itu keringkan dengan menggunakan kertas koran agar lebih cepat kering dan tidak menyisakan bau tidak sedap. Setelah itu baru dikeringkan dengan cara diangin – anginkan selama beberapa saat.

Sumber foto: www.radatime.co.id

Sumber foto: www.radatime.co.id

             c. Stainless

Untuk tali jam tangan dengan bahan stainless steel murni, bersihkan tali jam tangan kamu dengan cara menyikatnya, khususnya pada sela – sela tali jam tangan untuk menghilangkan sisa – sisa keringat yang menempel lalu, segera keringkan.

Sumber foto: Bersihbersih.com

Sumber foto: Bersihbersih.com

            d. Kulit

Untuk merawat tali jam tangan dari kulit agak sedikit berbeda, gunakan kain setengah basah untuk membersihkan tali jam tangan lalu, keringkan kembali dengan menggunakan kain kering. Agar lebih awet selalu oleskan cairan berupa lotion untuk merawat bahan kulit minimal seminggu sekali.

Sumber Foto : lifestyle.cokezone.com

Sumber Foto : lifestyle.cokezone.com

  1. Jauhkan jam tangan dari area magnet

Apa hubungan magnet dengan rusaknya jam tangan? Banyak orang tidak mengerti dan menganggap sepele mengenai hal ini. Namun yang harus kita tahu medan magnet yang dihasilkan oleh barang elektronik (umumnya) akan mempengaruhi perputaran jam tangan kamu. Sehingga bila jam tangan kamu tidak menunjukkan pukul atau waktu dengan benar. Maka jangan pernah meletakkan jam diatas benda yang memiliki medan magnet. Jika tanpa sengaja kamu sering meletakkan jam tangan dekat dengan barang – barang elektronik seperti televisi, lemari es, kipas angin, microwave dan lainnya sebaiknya mulai jauhkan dari barang – barang tersebut. Kalau kamu merasa jam tangan kamu sering tidak sesuai, mungkin ini salah satu penyebabnya.

  1. Alasi dengan tissue

Kalau kamu orang yang mudah berkeringat terutama di area pergelangan tangan, lebih baik alasi dahulu jam tangan dengan tissue berbahan lembut. Hal ini dilakukan agar jam tidak langsung bersentuhan dengan kulit tanganmu. Karena kandungan garam pada keringat yang menempel pada tali jam tangan dapat menimbulkan korosi atau karat pada jam tangan kamu. Terlebih jika jam tangan kamu terbuat dari bahan stainless steel yang rentan berkarat.

  1. Pakai jam tangan sesuai dengan kegiatan

Karena jam tangan merupakan salah satu aksesoris fashion, memang sebaiknya digunakan sesuai dengan kegiatan yang sedang kamu lakukan. Hindari menggunakan jam tangan berbahan stainless ketika kamu sedang berolahraga karena selain keringat yang bisa menimbulkan karat, hal ini juga untuk melindungi jam tanganmu dari benturan atau goncengan yang bisa meninggalkan bekas lecet pada jam tangan kamu. Kamu bisa memilih jam tangan berbahan karet yang lebih cocok dan sesuai. Selain itu, bahan karet juga lebih awet dan tahan dari keringat atau benturan.

Sumber foto: Pinterest

                   Sumber foto: Pinterest

Gimana RaDa Timers? Merawat jam tangan ternyata mudah kan? Untuk menjaga kualitas jam tangan tersebut, sebaiknya kamu melakukan perawatan jam tangan ini minimal seminggu sekali ya. Dengan begitu, jam tangan kesayangan kamu akan awet bahkan bisa tahan sampai bertahun – tahun 🙂 

 

 Sumber : http://www.vestyles.com/2015/08/mau-jam-tangan-tetap-awet-inilah-5-cara.html

 

Leave A Comment

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com