Blog Detail

Manfaat TERBAIK Menerapkan Olahraga Sejak Dini Pada Anak

25 Oct 18
radatime
, , , , , , , ,
No Comments

Mengajarkan olahraga kepada anak sejak dini merupakan salah satu kebiasaan yang baik. Karena semenjak bayi saja tanpa kita sadari anak sudah melakukan olahraga dengan mengasah indra perasa pada jari jemari hingga melatih otot jantung dan pompa paru-paru sebagai bekal sehat kelak setelah dewasa. Banyak manfaat dari olahraga sejak dini yang belum di ketahui oleh kebanyakan dari masyarakat.

Kebanyakan dari orangtua beranggapan jika mengajarkan olahraga kepada anak sejak dini, hal itu akan membuat proses pertumbuhan sang anak menjadi terhambat. Namun tentu saja tidak, olahraga sangat bermanfaat bagi anak-anak di usia dini dikarenakan hal ini dapat meminimalkan potensi anak kita terkena obesitas akibat dari pemberian makanan berprotein yang terlalu banyak tanpa mengetahui dosis yang tepat.

Dan sebagai orang tua yang baik, kita juga harus mengetahui olahraga apa yang tepat untuk anak-anak kita dan pada umur berapa sebaiknya memulai untuk memberikan olahraga ringan kepada anak.

Untuk usia 6-9 tahun, biasakan untuk memberikan olahraga ringan yang tidak memerlukan strategi khusus untuk menjalankan nya, dikarenakan anak-anak di usia ini masih tergolong memiliki perhatian yang pendek atau sulit memahami sesuatu. Contohnya lari, bermain bola, senam, renang hingga bela diri.

Untuk anak-anak berusia 10-12 tahun, kemampuan motorik, berpikir serta kemampuan mengambil keputusan semuanya menjadi lebih baik. Anak juga sudah mampu mengikuti arahan yang semakin lama semakin rumit, maka dalam tingkat ini kita sudah dapat memberikan olahraga yang sedikit lebih rumit. Misalnya, sepak bola, basket, voli, bulu tangkis, baseball atau softball.

Dan jika sudah menginjak usia yang lebih dewasa, anak-anak tentunya sudah dapat memilih olahraga favorit nya sendiri. Mereka akan memilih olahraga yang menjadi pilihan terbaiknya, dengan catatan ia bisa menikmati dan mengembangkan potensi diri nya sesuai dengan apa yang diinginkan dan ia sukai.

Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga sejak dini pada anak secara social dan psikologis:

  • Membuat anak semakin peka dalam mendengarkan dan mengikuti instruksi.
  • Membantu anak belajar memimpin, bekerja sama dan menjadi bagian dalam satu tim.
  • Membuat anak paham artinya menang dan kalah adalah hal yang biasa. Meningkatkan kemampuan akademik anak. Olahraga membutuhkan penghafalan, pengulangan dan pembelajaran sehingga otak anak akan lebih aktif.
  • Meningkatkan kemampuan sosial anak. Bergabung dengan tim olahraga akan memberikan anak kesempatan bertemu dan menjalin relasi dengan orang-orang baru.
  • Meningkatkan kedisiplinan anak. Jadwal latihan, tiap instruksi yang diberikan akan membentuk kedisiplinan anak.

Selain itu semua, memberikan gadget yang tepat untuk menemani aktifitas anak dalam berolahraga agar lebih fun adalah hal yang penting. Gadget yang tepat dapat membantu anak untuk lebih termotivasi dan membuatnya lebih semangat untuk menyelesaikan kegiatan olahraganya.  Sebagai perusahaan yang sangat mengerti akan sifat psikologis dan keuntungan menanamkan aktifitas olahraga sejak dini, Garmin mengeluarkan Vivofit Junior 2 dengan fitur pelacak aktifitas yang disukai anak-anak.

 

Hadir dengan berbagai tema Disney dan Marvel, Garmin ingin memberikan pengalaman berbeda kepada anak-anak dalam berolahraga, misalnya mengajak anak melakukan kegiatan olahraga melalui petualangan Mickey Birthday Surprise: A Disney Adventure, Ultron’s Revenge: A Marvel Avengers Mission, dan BB-8™’s Adventure: A Star Wars Story. Anak-anak diajak untuk menyelesaikan tugas olahraga mereka sambil bermain bersama petualangan yang disediakan oleh Garmin melalui aplikasi vivofit jr yang bisa didownload di App Store dan Google Play.

Segera lengkapi gadget pelacak aktifitas olahraga anak anda dengan smartwatch dari Garmin ini. Dapatkan diskon 5% untuk setiap pembelian smartwatch Garmin vivofit jr di RADATIME. Segera klik link pada gambar dibawah ini untuk pemesanan atau info lebih lanjut mengenai Garmin.

 

Leave A Comment

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com