Blog Detail

Temukan Sejarah Perkembangan Jam Tangan di Dunia yang Belum Kamu Ketahui Disini!

05 Nov 18
radatime
, , , , , , , , , ,
No Comments

Sebelum ada teknologi seperti sekarang ini, orang-orang jaman dahulu menentukan waktu siang dan malam melalui sebuah jam matahari (Sundial). Jam matahari pertama kali digunakan sekitar 3.500 tahun sebelum Masehi. Jam ini menunjukkan waktu berdasarkan pada posisi matahari. Caranya, dengan memanfaatkan bayangan yang jatuh pada permukaan datar yang kemudian ditandai dengan jam-jam dalam satu hari.

Kemudian sekitar 1400 SM, jam pasir pertama kali ditemukan di Mesir, tepatnya di kuburan Amenhoterp I. Orang Mesir kuno memang terkenal dengan kebudayaan dan intelektualnya yang tinggi. Peninggalan ini berupa bejana kecil berisi air yang mempunyai lubang di bagian bawahnya yang berguna untuk meneteskan air, disebut dengan Clepsydra.

Seiring perkembangan jaman, jam mulai ditemukan mulai dari jam saku hingga di abad ke-16 berupa “jam lengan” pemberian Robert Dudley kepada Ratu Elizabeth I dari Inggris. Meskipun banyak perdebatan tentang pencipta jam tangan yang pertama kali adalah Abraham-Louis Breguet yang membuat jam untuk Caroline Murat, saudari Napoleon dan ratu Napoli.

Penggunaan jam saku pada saat itu sedikit merepotkan, ditambah lagi semenjak Perang Dunia I dimulai. Jam tangan sangat diperlukan oleh para prajurit di medan perang untuk mengkoordinasikan taktik dan strategi. Karena banyak nya pria yang terjun menjadi tentara, popularitas jam tangan di kalangan pria pun semakin naik. Setelah selesai dengan Perang Dunia I, di tahun 1924 Kinttaro Hattori memperkenalkan Seiko ke dunia. Jam tangan pertama yang menggunakan baterai sebagai penggeraknya. Mengalahkan jam tangan yang memiliki penggerak Automatic yang terlebih dahulu tercipta.

Memperkenalkan jam tangan dengan penggerak baterai ke dunia setelah banyak masyarakat yang menggunakan jam tangan mekanikal bukan lah hal yang mudah. Setelah sempat menarik kembali jam tangan yang sudah beredar di pasaran pada masa itu, Seiko mencoba memperbaiki case bagian belakang pada jam buatan nya yang sempat menjadi permasalahan sehingga membuatnya ditarik dari pasaran. Hingga pada tahun 1970 jam tangan quartz semakin populer karena berbagai kelebihan yang di tawarkan jam tangan quartz dibanding dengan jam mekanikal.

Kelebihan dari jam tangan quartz sendiri adalah tingkat akurasi nya yang baik, biaya produksi yang lebih kecil, sehingga mampu menurunkan harga jual dari pada jam tangan mekanik lain nya. Sebagai pemilik jam tangan quartz kamu juga tidak perlu berulang kali mengatur ketepatan waktu seperti yang biasa di lakukan pada jam tangan mekanikal. Daya tahan jam tangan quartz sangat tahan lama, ada yang bertahan hingga 1-2 tahun atau 2-3 tahun, untuk jam tangan dengan fitur Chronograph bahkan bisa bertahan hingga 4-5 tahun.

Dan untuk pertama kali nya jam digital diperkenalkan di dunia pada tahun 1957, Hamilton Watch Company yang berasal dari Lancaster, Pennsylvania, AS. Namun pada saat pertama kali diluncurkan, keakuratan jam digital ini masih bergantung pada balance wheel/kumparan penyeimbang yang mekanisme nya masih sangat tradisional. Ini lah yang menyebabkan akurasinya tidak berbeda jauh dengan jam tangan mekanikal yang beredar pada saat itu.

Mengambil dari kekurangan jam tangan digital ciptaan Hamilton, Casio pun memulai debut nya dalam dunia jam tangan digital pada tahun 1983, dengan menawarkan jam tangan digital yang memiliki tingkat ketahanan atas benturan yang sangat kuat yang dinamakan G-Shock dengan baterai yang tahan hingga 10 tahun lama nya. Sampai saat ini jam tangan Casio G-Shock sangat digemari di seluruh dunia, bahkan dalam kalangan artis Holywood.

Menyadari atas kebiasaan masyarakat yang semakin memperhatikan tentang management waktu dan gaya berpakaian sehari-hari terutama pada saat pergi ke kantor dan acara-acara resmi. RADATIME mengadakan promo Fash11on Eleven dengan Diskon sd 35% + Extra Diskon 5% untuk jam tangan dari Alba, Bonia, Fila, Fossil, Aigner, Aries Gold, Calvin Klein, Daniel Wellington, Guess, Swatch, Ted Baker. Promo ini  berlaku sampai 30 November 2018! Yuk, yang mau upgrade jam tangan nya, buruan beli sekarang juga dengan cara klik gambar dibawah ini. Happy Shopping😉

 

Leave A Comment

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com