Blog Detail

Sejarah jam tangan pertama Indonesia di desain oleh Presiden No. 1 Indonesia, Soekarno.

16 Nov 18
radatime
, , , , , , , , , , ,
No Comments

Setelah Soekarno berhasil menjadi salah satu penggagas diadakannya Asian Games pertama pada tahun 1962. Bersamaan dengan itu Jakarta pun ikut berbenah, mulai dari membangun stadion ISTORA, Hotel Indonesia lengkap dengan tugu Selamat Datangnya, yang bertujuan semakin memeriahkan acara terbesar di Asia kala itu.

Tujuan Soekarno menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah acara terbesar di Asia itu adalah ingin menunjukkan kepada dunia bahwa negara bekas jajahan imperialisme barat bukan bangsa tempe! Begitu yang sering beliau ucapkan di setiap pidatonya.

Pada saat perhelatan akbar ini dilaksanakan, Presiden Soekarno sempat meminta kepada sebuah perusahaan jam tangan dari Swiss untuk membuat mesin dan merakit jam tangan yang kelak akan dijadikan souvenir dan diberikan kepada tamu dan atlet yang ikut pada Asian Games 1962. Bukan tanpa alasan Presiden Soekarno melakukan hal ini, beliau bermaksud membawa nama Indonesia ke kancah internasional dan semakin di kenal, khusus nya di negara-negara tamu yang mengikuti ajang Asian Games 1962.

Namun, begitu banyak spekulasi mengenai pembuatan jam tangan ini, ada yang mengatakan bahwa jam tangan ini bukan dibuat pada masa pemerintahan Soekarno melainkan  dibuat pada saat Soekarno sudah tidak menjabat sebagai presiden, sekitar Order Baru, yakni tahun 60-an akhir atau 70-an awal. Selain diberikan kepada atlit, jam tangan ini juga diberikan pada negara-negara peserta GANEFO di tahun 1963.

Jam tangan Garuda sendiri merupakan sebuah jam tangan mekanik atau otomatis pada saat diluncurkan pertama kali. Dengan mesin mekanik Ebauches Bettlach (EB) 8800, Ronda (RL) 1217-21, Baumgartner (BFG) 866, Ebosa 87, Amida 715 yang seluruhnya dibuat di Swiss. Dan mesin otomatis Ronda-Matic 1219, Ronda-Matic 1238, Ronda-Matic 1239, Ronda-Matic 4139. Jam tangan Garuda mengambil desain yang klasik, pada umumnya dengan perpaduan gold di bagian case dan strap kulit hitam atau coklat.

Di Indonesia sendiri jam tangan bersejarah ini sudah sangat sulit di temukan. Peminat jam tangan ini juga sudah sangat berkurang dikarenakan tingkat akurasi nya yang terbilang rendah. Namun, bagi mereka para pengoleksi jam tangan klasik tentu nya ini bukan suatu masalah. Apakah kamu tertarik dengan jam tangan asli Indonesia ini? Atau mungkin kamu ingin memiliki koleksi jam tangan lawas dengan kualitas seperti baru? RADATIME punya koleksi Seiko & Alba Best Deals. Buruan klik di bawah ini untuk melihat koleksinya.

Leave A Comment

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com