Jam Tangan Otomatis & Quartz
Uncategorized

Jam Tangan Otomatis & Quartz, Bedanya?

Berbicara tentang jam tangan, kita mengenal ada 2 jenis movement jam tangan yang paling populer. Otomatis (automatic) dan Quartz.

Pada awalnya jam tangan bukan seperti jam tangan dengan tenaga baterai yang sering kita lihat saat ini. Tetapi jam tangan yang pertama kali dibuat merupakan jam tangan mekanik (otomatis). Sampai saat ini ada beberapa tipe jam tangan yang telah kita kenal seperti mekanik (otomatis), quartz (jam baterai), kinetik (gabungan mekanik & baterai), dan solar. Akan tetapi ada 2 tipe yang paling populer saat ini yaitu otomatis dan quartz. Bicara menegenai 2 tipe jam tangan paling populer itu, sebenarnya apa perbedaan jam tangan otomatis & quartz. Mari kita coba kupas bersama secara singkat pada artikel ini.

Perbedaan Jam Tangan Otomatis & Quartz

Jam Tangan Otomatis

Jam tangan otomatis merupakan jam tangan yang pertama kali dibuat. Tidak memakai tenaga baterai, tetapi mengisi daya sendiri dengan bantuan putaran dari crown (manual winding). Sekarang seiring perkembangan jaman kita diberikan jam tangan yang bisa melakukan proses winding sendiri dengan memakai jam tangan pada tangan kita.

Ciri khas jam tangan otomatis adalah putaran detik yang sangat halus, bahkan tidak terasa loncatan detiknya. Umumnya jam tangan otomatis ini memiliki daya tahan antara 40 – 45 jam saat terisi penuh. Akan tetapi meskipun jam tangan ini tidak menggunakan tenaga baterai maupun cahaya (solar), jam ini bukan tanpa kekurangan. Jam tangan otomatis memiliki akurasi yang lebih rendah dari jam baterai, yaitu selisih +/- 10 detik per hari atau 5 – 15 menit per bulan. Namun selisih ini sudah semakin sedikit seiring dengan perkembangan jaman. Pemakai jam tangan otomatis adalah orang yang bersifat menghargai setiap proses dari suatu hasil.

Jam Tangan Quartz

Jam tangan yang menggunakan tenaga baterai (quartz) dikenalkan pertama kali melalui jam tangan Seiko oleh Kintaro Hattori pada tahun 1924. Dasar pembuatan jam tangan baterai saat itu adalah untuk memudahkan penggunaan jam tangan. Salah satu ciri khas jam tangan baterai ini adalah tidak memerlukan winding selama masih memiliki tenaga baterai.

Ciri khas dari jam tangan baterai adalah loncatan detiknya yang lebih terasa, karena berdetak setiap 1 detik. Umumnya jam tangan baterai memiliki daya tahan 2 – 10 tahun. Jam tangan baterai memiliki akurasi waktu yang lebih baik dari jam tangan otomatis yaitu 15 – 30 detik per bulan atau +/- 1 menit per tahun. Pemakai jam tangan baterai ini biasanya adalah orang yang sangat penting dengan waktunya, karena memperhatikan akurasi waktu.

Baca Juga:

TEMUKAN SEJARAH PERKEMBANGAN JAM TANGAN DI DUNIA YANG BELUM KAMU KETAHUI DISINI!

KENAPA JAM TANGAN BISA MAHAL & LAYAK INVESTASI?

TIPS MERAWAT JAM TANGAN OTOMATIS ALA RADATIME

Follow us on :

Instagram : @RADATIME.ID

FACEBOOK : @RADA TIME

YOUTUBE : RADATIME

OFFICIAL WEBSITE : www.radatime.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *