Kenapa Jam Tangan Bisa Mahal & Layak Investasi?

Kenapa Jam Tangan Bisa Mahal & Layak Investasi?

Kenapa Jam Tangan Bisa Mahal & Layak Investasi?
Sumber: https://newsmaker.tribunnews.com/2020/06/16/koin-rp-1000-bergambar-kelapa-sawit-ditawarkan-puluhan-juta-rupiah-benarkah-laku-ini-kata-kolektor

Kenapa Jam Tangan Bisa Mahal & Layak Investasi ? – Uang Keping Rp. 1.000 kelapa sawit santer menjadi perbincangan di Indonesia atas harga yang dibanderol dengan fantastis yaitu mencapai Rp. 100 juta. Banyak yang merasa heran, tetapi banyak juga yang tertarik, bahkan ikut mengkoleksi atau berjualan.

Dari informasi berbagai sumber, ada yang menyatakan bahwa harga yang dibanderol adalah asal-asalan. Sejatinya, harga hanyalah sebuah ilusi, harga yang terbentuk akan mengacu kepada ekuilibrium (keseimbangan) dari permintaan dan penawaran (Supply x Demand).

Harga disepakati sewaktu terjadi kepercayaan dari pihak yang membutuhkan dan pihak yang menawarkan. Sisi dari kelangkaan, koleksi, atau potensial keuntungan di masa depan menjadi pertimbangan harga dari uang keping Rp. 1.000 ini.

Bagaimana dengan jam tangan?

Jam tangan sering dikorelasikan dengan kemewahan karena harga dan fungsinya yang dianggap sebagai aksesoris atau perhiasan.

Harga sebuah jam tangan juga bisa bernilai sangat fantastis, menurut sumber dari WP Diamonds, jam tangan termahal di tahun 2020 adalah Graff Diamonds Hallucination dengan harga 55 juta Dolar  atau Rp. 770 Milyar (kurs Rp. 14.000).

Kenapa Jam Tangan Bisa Mahal & Layak Investasi?
Sumber: https://www.ablogtowatch.com/graff-diamonds-hallucination-55-million-dollar-quartz-watch/

Atau jam termahal Patek Philippe Grandmaster Chime Ref. 6300A-010 yang terjual pada tahun 2019 di harga 31.2 juta US Dolar atau Rp. 436,8 Milyar (kurs Rp. 14.000)

Kenapa Jam Tangan Bisa Mahal & Layak Investasi?
Patek Philippe Ref 6300A-010
Sumber: Patek Philippe
Kenapa Jam Tangan Bisa Mahal & Layak Investasi?
Patek Philippe Ref 5175 2.63 juta Dolar US – launch price atau Rp. 36 Milyar (kurs Rp. 14.000)
Sumber: Patek Philippe

Apa yang membuat jam tangan berharga fantastis?

Harga sebuah jam tangan juga sangat dipengaruhi oleh hukum permintaan dan penawaran (Supply x Demand). Jika ditelusuri mendalam, nilai sebuah jam tangan terbentuk dari nilai instrinsik (dari jam itu sendiri) dan ekstrinsik (pengaruh dari luar).

Secara intrinsik, nilai dari sebuah jam terbentuk dari merek, bahan material, kerumitan konstruksi, fitur, komplikasi, atau estetika. Sebagai contoh, salah satu penyebab utama jam tangan Graff Diamond Hallucination memiliki harga yang sangat fantastis (Rp. 770 Milyar) adalah karena terbuat dari perpaduan batu mulia yang sangat mahal.

Kenapa Jam Tangan Bisa Mahal & Layak Investasi?
Sumber: https://watchesbysjx.com/2014/10/introducing-the-patek-philippe-grandmaster-chime-ref-5175-a-reversible-grande-sonnerie-perpetual-calendar-wristwatch-with-specs-and-price.html

Kerumitan konstruksi, komplikasi dan fitur

Kenapa Jam Tangan Bisa Mahal & Layak Investasi?
Sumber: https://www.mining.com/alrosas-sells-expensive-diamond-date/

Berlian menjadi material favorit jam tangan mewah

Dari sisi esktrinsik, harga terbentuk di pasar karena faktor seperti kelangkaan, persepsi, sejarah, warisan, profil watchmaker atau pabrik. Seperti Patek Philippe yang dikenal akan sejarah, warisan dan kelangkaan sebagai faktor pembentuk harga yang fantastis.

Harga yang terbentuk dipercaya pasar karena memiliki keuntungan baik material atau immaterial, apakah berupa kepuasan secara psikologis seperti kepuasan memiliki jam tangan yang sangat langka atau keuntungan secara ekonomi yaitu harga pasar yang berpotensi meningkat di masa depan.

Selain dari faktor-faktor di atas, nilai sebuah jam tangan sangat dominan dipengaruhi oleh persepsi atau pandangan dari sang pemilik itu sendiri.

Nilai sebuah jam tangan bagi sang pemilik

Jam tangan dipercaya memiliki makna yang mendalam bagi sang pemilik. Cukup lumrah seseorang bersedia memperbaiki jam tangannya yang rusak dengan biaya di atas harga belinya. Contoh, jam tangan yang dulunya dibeli dengan harga Rp. 150.000 15 tahun yang lalu, sang pemilik bersedia memperbaiknya dengan biaya perbaikan Rp. 300.000.

Respon yang sering diterima adalah jam tangan ini telah mengikuti sang pemilik dalam melalui perjalanan hidupnya, baik suka atau duka. Respon lainnya adalah warisan yang dipakai oleh orang penting atau sebagai pemberian dari orang yang bermakna bagi sang pemakai.

Sebagai kesimpulan, waktu yang telah dilalui bersama jam tersebut, mengandung makna yang sangat mendalam bagi sang pemilik. Waktu adalah produk utama dari sebuah jam tangan. Ironisnya, jam tangan bukan penunjuk waktu yang paling tepat karena jam tangan baterai yang dipercaya akurat juga memiliki selisih waktu sekitar 1 menit per tahun.

Jam tangan dipercaya sebagai aksesoris ultimat (tertinggi)?

Selain waktu, sebuah jam tangan juga mendukung sang pemakai dalam pengoptimalan status, fesyen dan gaya hidup.

Harga sebuah jam tangan menjadi semakin tidak terhubung dengan nilai intrinsik dasar lagi sewaktu sebuah jam tangan diapresiasi sebagai mahakarya yang sering kita dengar sebagai koleksi atau investasi.

Ada yang mengapresiasi dari sisi merek, model, bahan material, kerumitan konstruksi, komplikasi, estetika, sejarah, kelangkaan, warisan, profil sang pembuat atau pabrik.

Adapun opini mengenai jam tangan sebagai aksesoris ultimat, dikarenakan sebuah jam tangan yang sangat bernilai bisa dinikmati langsung di pergelangan tangan di manapun dan kapanpun, sekaligus sebagai pencatat momen penting sang pemakai.

Jam tangan adalah mengenai kepribadian

Sebuah jam tangan yang dipakai berkomunikasi kepribadian sang pemakai. Apakah sang pemakai cenderung introvert, ekstrovert, menyukai kegiatan outdoor, formal, penyuka detail, penyuka proses, orang yang straight forward dan lain sebagainya. Pastinya sebuah jam tangan bersifat sangat personal bagi sang pemakai.

Berapapun harga sebuah jam tangan, yang terpenting adalah kepantasan dan orisinalitas, karena sebuah jam tangan adalah mengenai kepribadian.

Kepantasan bersifat relatif bagi sang pemilik, ada yang berpendapat bahwa jam tangan bernilai ratusan ribu sudah sangat sesuai ataupun bahkan sampai milyaran Rupiah dan itu sah-sah saja.

Selain itu, orisinalitas merupakan karakter yang menghargai proses.

Jam tangan juga dianggap sebagai ekstensi dari tubuh manusia yang menjaga waktu, di mana tiada subjek maupun objek yang dapat luput dari waktu, sehingga sebuah jam tangan seutuhnya bernilai fantastis terlepas dari nilai Rupiah yang dibanderol.

Hendra Kesuma
27 Juni 2020

Baca Juga :

TIPS AGAR JAM TANGAN NYAMAN DIPAKAI DAN AWET

TIPS UNTUK TAMPIL PERCAYA DIRI

KENAPA SIH JAM TANGAN COCOK JADI KADO ?

Follow us on :

Instagram : @RADATIME.ID

FACEBOOK : @RADA TIME

YOUTUBE : RADATIME

OFFICIAL WEBSITE : www.radatime.co.id


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *