ARTIKEL, TIPS JAM TANGAN

Tips Merawat Jam Tangan Otomatis Ala RADATIME

Merawat Jam Tangan Otomatis. Seperti pada artikel sebelumnya yang membahas mengenai jam tangan Automatic dan Kinetic. Telah dijelaskan bahwa jam tangan Automatic merupakan jam tangan yang bergantung pada rotor sebagai penggeraknya. Sebagai jam tangan yang berfungsi otomatis jam tangan Automatic tentu memerlukan perawatan untuk menjaga agar mesin-mesin yang terdapat didalamnya.

Banyak dari masyarakat yang kurang memahami cara perawatan jam tangan Automatic. Sehingga terkadang bingung ketika jam tangan mereka mesinnya tiba-tiba saja tidak berfungsi dengan baik hingga jam tangan yang tidak menunjukkan waktu tepat. Karena, pada umumnya jam tangan Automatic hanya akan memiliki “missed” 15-30 detik/hari. Jadi, pastikan kamu merawat dengan baik jam tangan otomatis kamu dengan cara-cara seperti di bawah ini.

Cara-caranya

Meskipun jam tangan otomatis rata-rata memiliki Power Reserve hingga 48 jam, bukan berarti kita bisa membiarkannya tidak digerakkan. Dengan menggerakkan jam tangan otomatis, itu akan membantu rotor menyimpan daya dan memastikan mesin di jam tetap terpelihara dengan baik.

Hindari penggunaan jam tangan otomatis ketika sedang melakukan olahraga yang memerlukan pergerakan tangan dengan lengan yang terus berlanjut. Misalnya tenis lapangan, tenis meja, atau bola basket. Karena pergerakan tangan yang terus menerus dapat mengganggu mekanisme pergerakan otomatis dari jam yang dirancang untuk pergerakan lengan sehari-hari. Selain itu, kemungkinan untuk jam tangan otomatis terbentur saat melakukan kegiatan olahraga ini juga sangat besar. Sehingga sangat disarankan untuk tidak menggunakan jam tangan otomatis saat melakukan olahraga berat seperti ini.

Dan untuk jam tangan otomatis yang masih menggunakan manual winding kamu diharuskan untuk memutar crown searah jarum jam. Namun, semakin berkembangnya teknologi, fitur manual winding mulai tergantikan oleh fitur baru yang di ciptakan oleh Seiko. Kamu hanya perlu menggerakkan (menggoyangkan) jam tangan otomatis kamu secara berkala untuk menjaga rotornya tetap menyimpan tenaga.

Kendalanya

Kendala kebanyakan orang adalah mereka memiliki lebih dari 1 jam tangan untuk digunakan. Hanya menggunakan jam tangan otomatis saat menghadiri acara-acara tertentu. Lalu, bagaimana cara merawat jam tangan otomatis ketika kamu memiliki lebih dari satu buah jam?

Pertama, simpanlah jam tangan otomatis kamu pada tempat yang jauh dari peralatan elektronik, misalnya laptop, kulkas, televisi dsb. Karena radiasi dari benda-benda elektronik dapat menggangu keakuratan mesin jam tangan otomatis kamu. Sebaiknya gunakan kotak penyimpanan jam tangan yang terbuat dari bahan baldu supaya strap jam tangan terawat dengan baik. Pastikan juga menyimpan jam tangan keadaan bersih dan kering agar tidak berjamur yang tumbuh ketika disimpan, letakkan ditempat yang aman.

Kedua, gunakan Watch Winder untuk tetap menggerakkan jam tangan kamu. Watch Winder merupakan alat yang diciptakan untuk memutar satu arah jam tangan otomatis ketika tidak digunakan. Kamu juga bisa mengatur berapa kecepatan dalam memutar jam tangan otomatis yang terdapat di dalamnya. Watch Winder ini menggunakan listrik atau baterai sebagai penggeraknya, dengan desain yang elegan dan mewah seperti yang ditawarkan oleh Teiwe.

Dapatkan diskon 35% dan Free Shipping ke seluruh Indonesia untuk Watch Winder dari Teiwe ini. Segera klik gambar di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *