Sapphire Crystal & Mineral Crystal
Uncategorized

Sapphire Crystal & Mineral Crystal: Dimana Bedanya?

Kalau berbicara mengenai bagian jam tangan yang paling sering rusak adalah bagian kaca (glass). Bagian ini mungkin sering terbentur atau tergores secara tidak sengaja.

Dengan serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh pemakai jam tangan. Sangat mungkin jam tangan yang dipakai akan tergores atau terbentur. Bagian yang paling sering terken adalah glass pada jam tangan. Karena tergores atau terbentur ini akan mengakibatkan goresan atau pecah pada kaca jam tangan. Karena masalah ini bahan pembuat kaca jam tangan semakin diperkuat. Ada dua bahan glass pada jam tangan yang lebih populer yaitu glass berbahan Sapphire Crystal & Mineral Crystal. Nah diantara kedua jenis bahan pembuat glass jam tangan ini, apakah perbedaan keduanya?

Sapphire Crystal & Mineral Crystal

Kristal Safir (Sapphire Crystal)

Sapphire Crystal
Sapphire Crystal, source: thewatchcompany.com

Tahukah kamu Sapphire crystal pada jam tangan merupakan bahan glass yang paling mahal. Berbeda dengan bahan glass lainnya seperti mineral glass maupun hardlex crystal yang lebih murah. Saat ini Kristal Safir yang banyak digunakan terbuat dari kristalisasi Aluminium Oksida pada suhu yang sangat tinggi. Hasilnya adalah crystal yang sangat keras. Bahkan pada sekala Mohs mencapai skala 9, satu tingkat dibawah berlian di skala 10 Mohs. Ini artinya satu-satunya bahan yang lebih keras dari Sapphire Crystal hanyalah berlian.

Dengan tingkat kekerasan seperti itu, glass berbahan Kristal Safir dapat menahan goresan, bahkan bisa menahan benturan dan mencegah pecah pada glass dengan baik. Namun dengan segala kelebihan itu apakah Sapphire Crystal tanpa kelemahan? Sebenarnya ada kelemahan yang cukup mengganggu dari Sapphire Crystal ini. Hasil kristalisasi ini membuat tingkat reflektif yang cukup tinggi. Saat di bawah cahaya matahari, akan terasa jam tangan yang memakai Sapphire Crystal susah dilihat dial-nya. Namun kelemahan ini bukan tidak dapat diatasi. Cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ini dengan memberikan lapisan anti reflektif. Dengan begitu jam tangan dengan Sapphire Crystal akan terasa sempurna.

Kristal Mineral (Mineral Crystal)

Berbeda dengan Sapphire Crystal, Mineral Crystal memiliki harga yang lebih murah. Akan tetapi harganya lebih mahal daripada jenis plastik dan akrilik. Akan tetapi dengan kelebihan harganya yang murah yang dikorbankan adalah kualitasnya terhadap goresan dan benturan. Mineral Crystal lebih mudah tergores dan terbentur dibandingkan dengan Sapphire Crystal. Kalau Mineral Crystal jika sudah tergores maka tidak akan bisa dipoles atau diperbaiki lagi. Satu-satunya cara adalah dengan menggantinya.

Jam tangan dengan harga menengah saat ini masih banyak menggunakan glass dari bahan ini. Alasannya adalah untuk menekan harga produksi sehingga bisa menciptakan harga lebih murah dan terjangkau.

Akan tetapi ada beberapa merk jam tangan dengan harga menengah memakai glass jenis Sapphire Crystal, salah satunya adalah Aries Gold. Komitmen untuk membuat jam tangan dengan makna oleh Aries Gold, membuat 90% produksi jam tangannya memakai Sapphire Crystal. Tujuannya adalah untuk membuat jam tangan yang lebih tahan pakai sehingga bisa memberikan makna lebih mendalam kepada pemakainya.

Bagaimana nih sudah tahu kan perbedaan antara kedua jenis glass yang digunakan pada jam tangan.

Kamu perlu tips untuk memilih jam tangan Anda?
Yuk klik disini.

Baca juga
Ingin Menghemat Waktu ? Ternyata ada tipsnya!!
Alasan Mengapa Jam Tangan Cocok Dijadikan Hadiah

Jam Pria Aries Gold Terkeren
Jam Tangan Dr.Ji Sun Woo Dalam Serial ‘The World Of The Married’
Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan #DirumahAja!

Glass Pada Jam Tangan

Koleksi Jam Pria
Koleksi Jam Wanita
Seiko
Alexandre Christie
Aries Gold
Bonia
Casio
Garmin
Apple Watch
Tissot

Jangan lupa follow sosial media RADATIME untuk informasi terupdate
Instagram : @radatime.id
Facebook : RADA TIME
Twitter : @radatime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *