ARTIKEL,  FAKTA JAM TANGAN,  INFO JAM TANGAN,  Uncategorized

CEO’S Notes: KENAPA SEBUAH JAM BEGITU BERHARGA DAN BERMAKNA?

“If you love life, don’t waste time, for time is what life is made up of.”Bruce Lee.

Saya ga suka pakai jam, apa sih kelebihan jam? Berapa sih jam tangan yang paling mahal? Merek apa yang paling mahal di dunia? Kenapa ada jam tangan harganya Miliaran Rupiah? Mengapa Sebuah Jam Berharga dan Bermakna? Sederet pertanyaan yang paling sering saya dapatkan.

Di artikel kali ini saya akan mengulas logika yang melatarbelakangi kenapa sebuah jam (tangan) begitu berharga. Pada dasarnya, produk dari jam adalah waktu. Waktu adalah kesepakatan yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai sebuah tujuan. Pemanfaatan yang efektif dari waktu meningkatkan potensi kesuksesan dari hasil yang hendak dicapai.

Peradaban manusia berkembang sangat pesat setelah jam dinding diciptakan pada abad ke 18. Waktu 24 jam dalam 1 hari yang dimanfaatkan secara optimal memungkinkan produktivitas untuk meningkat sangat pesat baik dalam kualitas maupun kuantitas. Di mana sebelum jam dinding ditemukan, penyelesaian atau kecepatan pekerjaan bergantung pada hal-hal seperti terbit-tenggelamnya matahari, menunggu untuk bekerja setelah pekerjaan orang lain selesai dan lain sebagainya.

Kendali atas waktu dianggap sebagai kekuasaan dan kekuatan yang memiliki keunggulan tinggi. Salah satu bukti adalah pada perang Anglo-Burma pada tahun 1880-an di mana jam tangan pertama kali digunakan di atas medan perang. Kemenangan atas musuh mudah digapai karena koordinasi pelaksanaan strategi yang efektif dan akurat.

Oleh sebab itu, cukup lumrah, dunia militer sangat erat kaitannya dengan dunia penunjuk waktu. Banyak sekali merek jam tangan yang memiliki peran sangat besar membawa keunggulan di medan perang. Salah satunya adalah merek Panerai yang menciptakan jam tangan efektif untuk koordinasi militer terutama di bawah laut.

Source : www.timeandwatches.com
Source : nushorology.wordpresss.com

Alasan utama dari pembuatan penunjuk waktu yang tanpa henti

Waktu dianggap sebagai hal sakral yang paling mulia, sumber rahasia pertama untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Hal ini yang memicu pengabdian tanpa akhir untuk terus mencapai kesempurnaan dalam menciptakan sebuah penunjuk waktu.

Pengejaran kesempurnaan penunjuk waktu akan sulit diterima akal sehat jika dikaji secara rasional atau logika. Penunjuk waktu yang berawal untuk memenuhi kebutuhan fungsi waktu berkembang hingga mencapai kerumitan tingkat ekstrim baik dari sisi desain, konstruksi, ketrampilan, bahan material hingga dinamika pasar.

Dari sisi konstruksi

Salah satu contoh konstruksi tingkat ekstrim yaitu merek Vacheron Constantin referensi 57260, diperkirakan bernilai US$8 juta atau 112 Miliar Rupiah.

Jam ini dinilai dengan harga spektakuler karena:

– Butuh lebih dari 8 tahun untuk memproduksinya.

– 2.800 komponen Vs. salah satu mesin Swiss Made merek Tissot (kisaran harga Rp. 7 juta ke atas) yaitu ETA 2836-2 dengan 66 komponen saja.

– Akurasi konstruksi yang tidak menoleransi satu kesalahan pun dari ukuran, bentuk, sudut atau keharmonisan pergerakan mekanis.

– Mayoritas komponen adalah hand-made atau buatan tangan oleh Maestro langka di dunia.

– 57 fungsi di dalam sebuah jam Vs. jam umum yang hanya memiliki 2-3 fungsi.

*1 US$= Rp. 14.000

Source : www.hodinkee.com
Source : www.timeandwatches.com

Yang tidak logika adalah fungsi-fungsi dan kelebihan ekstrim ini seringkali tidak tergunakan oleh orang awam.

Dari sisi bahan material

Merek Graff seri Diamonds Hallucination dibanderol dengan harga Rp. 797 Miliar. Jam ini mahal karena mayoritas dari material terbuat dari bahan mulia berkualitas tertinggi.

Source : www.superwatchman.com

Dari sisi pasar

Histori merek maupun permintaan pasar juga termasuk faktor penting yang membuat harga melambung tinggi.

Sebuah Jam Berharga dan Bermakna karena Jam tangan adalah aksesoris ultimat (kelas tertingi) karena jam tangan merangkap fungsi yang bervariasi seperti aksesoris, perhiasan, penunjuk waktu, simbol sosial dan lain sebagainya. Jika ditelusuri mendalam, motivasi terdalam yang sebenarnya kenapa sebuah jam berkualitas diciptakan adalah sebuah persembahan terhadap rahasia terbesar di kehidupan ini yaitu apresiasi waktu.

Jawaban jam tangan adalah aksesoris ultimat yang bermakna

Sebenarnya, jam tangan bermakna tidak semata-mata diukur dari harga atau seberapa prestisius jam tersebut. Tetapi dari seberapa besar hubungan emosional dari sang pemakai dengan jam tersebut. Lumrah sekali bagi kami bertemu dengan pelanggan yang cukup memaksa untuk memperbaiki jam tangannya dengan biaya di atas harga dari jam tangan yang dibeli. Ini dikarenakan penunjuk waktu tersebut mengandung banyak sekali memori-memori yang tercatat dan tidak tergantikan oleh uang.

Sama halnya dengan hadiah, pemberian kado kepada orang yang dianggap penting, opsi jam tangan muncul sebagai pemberian yang bermakna. Ibarat menyimbolkan bahwa kualitas hubungan yang spesial dan tidak bisa dikompensasi dengan uang yaitu waktu. Seringkali, hadiah jam juga bisa berupa sebuah motivasi.

Apa sebenarnya fungsi sebuah jam untuk saat ini?

Sebenarnya fungsi utama jam tangan tidak mengenai seberapa akurat waktu yang disajikan. Opini ini didukung oleh fakta bahwa jam tangan ultra mahal malah tidak akurat karena bertenaga otomatis atau mekanis, yang memiliki selisih waktu umumnya 5-15 menit per 1 bulan. Sebagai contoh, jam tangan Aries Gold Seri tertinggi Infinum otomatis bisa berharga 2 kali lipat dibanding dengan tipe baterai yang memiliki fungsi lebih lengkap.

Jam tangan otomatis
Jam tangan baterai

Jam tangan lebih tepatnya berfungsi sebagai sebuah penghargaan, penghargaan diri sendiri dan waktu. Sebuah Jam Berharga dan Bermakna karena merupakan sebuah simbol yang merefleksikan bahwa waktu adalah hal paling utama dan harus berada di posisi paling strategis pada tubuh. Sebuah lokasi yang memudahkan sang pemakai untuk mengaksesnya yaitu di pergelangan tangan. Seseorang yang menghargai waktu cenderung memastikan bahwa waktu berada di kendalinya.

Kaitan jam tangan dengan kemajuan bangsa

Kami selalu berjuang untuk mempromosikan jam tangan original. Karena original adalah karakter menghargai proses serta adalah sebuah kejujuran untuk menjadi otentik. Semakin banyak masyarakat Indonesia menganggap bahwa waktu sangat penting bagai harta karun, maka kami yakin Indonesia akan cepat maju. Produktivitas akan meningkat karena ketepatan waktu, inovasi hasil karya bangsa akan bermunculan pesat. Karena untuk menghasilkan sesuatu yang berkualitas dibutuhkan karakter yang menghargai semua proses suka duka dan kerja keras.

Menghargai waktu seperti quality time juga berkorelasi positif dengan kebahagiaan dan kebersyukuran. Negara yang maju adalah negara yang memiliki komando waktu yang baik dan Indonesia bisa, Hidup Indonesia!

Sebagai penutup artikel ini, saya lampirkan kata-kata bijak dari tokoh-tokoh ternama dunia yang menyinggung tentang rahasia terbesar kehidupan yaitu menghargai waktu.

1. “The two most powerful warriors are patience and time.” Leo Tolstoy, War and Peace.

2.  “Time is money.” Benjamin Franklin.

3.  “Better three hours too soon than a minute too late.” William Shakespeare.

4.  “Time is the most valuable thing a man can spend.” Theophrastus.

5.  “There is one kind of robber whom the law does not strike at, and who steals what is most precious to men: time.” Napoleon I.

6.  “A man who dares to waste one hour of time has not discovered the value of life.” Charles Darwin

7.  “Leaders spend 5% of their time on the problem and 95% of their time on the solution. Get over it and crush it! Tony Robbins.

Hendra Kesuma
CEO of RADATIME
Radiate Moments In Time

Artikel ini sudah diliput oleh :

Pusat Jam Tangan Original #1 Indonesia - RADATIME - PT. Rada Kreasi Indojaya #RadiateMomentsInTime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *